Minggu, 11 Desember 2011

Renang Gaya Batu!


Kadang gue ngiri banget ama ikan-ikan yang ada di aquarium temen gue. “Mereka kok bisa jago renang ya” pikir gue sambil melongo ngeliatin ikan mujair yang sedang ketakutan ngeliat tampang gue . Pernah gue terpikir untuk belajar berenang ama bokap ( Iya bokop gue ini adalah guru olahraga SD yang lumayan bisa ngajarin teori renang ke gue). Iyah apa mau dikata, tiap kali gue ngajakin ke kolam renang, ada aja penghalangnya. Mulai dari ujan, jalanan becek.. enggak ada ojek..(cincong laura kale..) hah! sebel! Dan akhirnya gue belajar berenag di sungai deket rumah gue. (bukan kali Ciliwung ya! Ini adalah sebuah sungai! Iya sungai!).

Airnya lumayan dalem. Kira-kira seperut orang dewasa. Waktu gue belajar berenang ama bokap, umur gue baru 11 tahun. So,untuk ukuran anak kecil kayak gue, dalem air segitu udah lumayan bikin gue parno sendiri. Apalagi tempatnya sempit banget. Dikanan-kiri gue banyak batu-batu gede (Wah, kalau untuk nimpuk orang, pastinya benjol tow!).

Sejauh mata kaki memandang, gue hanya menginjak batu-batu. Duh! Gusti! Kasihanilah kaki yang tak berdosa ini! Kutuklah batu-batu jahanam yang telah menzolimi kaki saya yang indah nan halus ini! (! Kresek! Kresek! Siapa yang mau beli kresek, untuk muntah. Ayo! 2 lima ribu)

Iya, pada akhirnya gue lumayan bisa ngapung and tenggelem di air berkat didikan bokap gue. Gue pun lumayan percaya diri untuk nunjukin ke temen-temen, kalau gue tuw bisa berenang (Bisa renang gaya batu aja bangga..). Gue pun menghasut temen-temen sepermainan gue untuk ikut berenang di sungai. Alhasil tiap hari gue pun mandi disungai and berhasil nunjukin renang gaya batu gue. Tapi enggak ada respon positip yang gue terima. Yang ada, gue di bilang strees. Ah, gue stay cool aja.

Gue sangat mengidam-idamkan untuk bisa berenag di kolam renang. Sampe akhirnya, ada secercah sinar suci menyinari kalbu gue. Doa-doa gue terkabul. Pas kelas 2 SMA, temen lama gue yang bernama Diah ngajakin gue renang bareng. Hal itu adalah mukjizad yang udah lama gue tunggu-tunggu. Apalagi kata dia, temen-temen SMP gue juga ikutan renang ke sana. “Ah, sekalian reunian nih!”pikir gue.

Waktu itu Diah dateng agak mendadak jadinya gue belum nyiapin apa-apa. Handuk, sabun, baju ganti, baju yang dalem-dalem juga (enggak usah disebutin kalian juga tahu), sampo, dan baju renang.

Jedeng!

Baju renang? Gue enggak punya baju renang! Oh God! Gimana nie?! Detik-detik yang gue tunggu selama berjuta-juta tahun (Lebay~ deh!) hanya demi bisa berenang di kolam renang, gue batalin gitu aja!!! Enggak! Ini tak boleh terjadi! Gue harus cari akal! Tapi apa? Atau gue jujur aja? Ah gengsi! Gimana dung!

Hening sejenak

“Di, gue enggak punya baju renang!”

“Ha?”

“Iya, gue enggak jadi ikut ya..”

“Enggak apa-apa kali , Jul! gue juga enggak punya baju renang. Nanti gue renang pake kaos oblong ama celana pendek aja kok. Walaupun gue punya baju renang gue tetep enggak bakal pake, secara! ketat banget”

Gubrakk!

Ya Syukur deh kalo gitu !hehe…

Akhirnya gue uda siap untuk brangkat ke Kolam renang Guna Tirta Gulingan (bukan bantal guling loh!). Diah membawa motornya sendiri, gue juga bawa motor gue sendiri. Walaupun si Diah punya mata minus dengan postur tubuh yang imut-imut, akan tetapi laju motornya kayak Valentino Rossi. (buseet.. kalah banget gue!) Gue ampe dibuatnya kowalahan! Kalau diumpamain nie ya, gue udah kayak siput ngelawan si kancil. Dimana, kalau versi cerita gue si Siput uda lambat bego pula. Berat enggak tuw urusannya!

Yang gue pikirin dalam benak gue pas itu, adalah gimana caranya agar gue bisa ngejer tuw anak. Soalnya. Satu. si Diah adalah penunjuk jalan gue. Kedua. Gue enggak tahu sama sekali Gulingan itu dimana. Dan ketiga. Gue enggak tahu jalan pulang! Bisa dibayangin kalau gue tersesat disini, gimana nasib gue?!

Tapi celakanya, Tuhan sependapat dengan gue. Akhirnya gue kehilangan jejak si Diah. Oh No! Gue BENER-BENER TERTINGGAL… di si-ni SEN-DI-RI…

Gue udah mulai panik.

Kentut-kentut gue udah kayak ikut mengiringi kesengsaraan gue. Seolah Five Minutes band mengumandangkan sebuah lagu “…semakinku kejar, semakin kau jauh…” Sial! Gagal lagi deh gue renangnya. Gue pun banting setir, balik kerumah dengan bantuan pak polisi yang bersedia memberikan petunjuk jalan ke gue. Nyampe rumah, gue masih aja menggurutu kesel. Bibir gue udah ampe manyun-manyun saking sebelnya. Lalu HP gue pun berbunyi, “Halo?” sapa gue males.

“Loe dimana nie?”

“Gue udah di rumah! Loe tuw uda ninggalin gue! Sakiiiiittt hati gue”

“Haha.. Sorry brow! Lain kali kita renang lagi deh!”

Gue serasa udah pengen nyanyi lagu Megi.Z “..teganya dirimu, teganya,teganya,teganya…. Oh~ pada diriku…”

Ya udalah Lupain!

Seminggu kemudian guru olahraga gue punya satu berita yang lumayan bikin hati gue seneng. “Okey anak-anak! Kita akan melakukan pelatihan renang di kolam renang Guna Tirta Gulingan! Siapkan perlengkapan kalian, dan besok sore jam 2 kalian harus sudah stand by disana! Mengerti?!” cerocos guru olahraga gue dengan semangat 45’nya. “Mengerti pak!!!” jawab siswanya serempak. Dalam wajah gue, terlukislah kebahagian yang tiada tara, seolah baru saja menerima pencerahan ( idih.. bahasanya berat banget bok!). Ternyata Tuhan tak sejahat yang gue pikirin. Beliau masih memberikan kesempatan kedua pada gue. Thaks God!

Keesokan harinya, sepulang sekolah…

Gue dengan muka yang berseri-seri, segera menyiapkan perlengkapan gue di rumah Nitya. (hehe… tetep NUMPANG!). Nitya ini adalah salah satu temen gue, dari berjuta-berjuta orang yang gue kenal. Dia lahir di Makasar tapi merupakan anak asli Bali. Dia tinggal di Makasar tapi untuk sementara, dia hijrah ke Bali untuk sekolah. Walaupun orangnya keliatan judes tapi sebenarnya dia baik and loyal banget. Buktinya, sekarang gue di pinjemin baju ama dia ( Ah.. gue emang dasar muka tembok, enggak tahu malu). Gue pun brangkat bareng sama dia. And nyampe sana, kita telat 15 menit. Temen-temen uda pada masuk kolam. Udah pada berenang-renang sesuka hati.

Gue udah gelagapan ngeliat tuw kolam, pokoke gue maunya nyebur ah. Sehabis ganti baju, gue pun menuju ke kolam renang impian gue (bukan kolam ikan loh!). Dan segera menikmati asyiknya bermain air sambil bernyanyi “….diobok-obok airnya diobok-obok..”

Gue pun menyiapkan diri untuk nyebur. Hitung mundur. ..3,2,1

Plung! (Bunyinya percis kayak orang pup..)

Gue berenang dengan gaya batu ajaran bokap gue. Eh, enggak taunya gue malah kelelep.. ‘blebeb-blebeb

“Tolong.. lontong! Tolol! Help…tulungin!” gue teriak sejadi jadinya.

Sampe akhirnya gue di tolongin temen-temen gue yang emang bener-bener jago berenang. “Nyaris good bye loe jul! kalo enggak bisa berenang jangan asal nyemplung aja dong!” kata salah satu temen gue yang entah siapa. Gue sie ngangguk-ngangguk aja. Dengan keadaan yang menyedihkan kayak gini, gue udah enggak peduli mereka mau ngomong apa.

Disaat itu gue tersadar, kolam renang yang gue ceburin tadi adalah kolam renang yang dalemnya 2 meter. Mampus ! (jangan ditiru ya adik-adik). Pantesan aja gue kelelep tadi! Secara gue ‘kan cuma bisa renang gaya batu. Ckckck…. Nasib,nasib..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar