Minggu, 11 Desember 2011

Monkey LOVE


Sewaktu kelas 6 SD, gue uda kenal yang namanya ‘Monkey love’ atau cinta monyet. Malahan uda pernah pacaran pula. Tapi gaya pacaran gue enggak seperti yang loe pikirin. Iyah palingan kita main bareng, ketawa-tawa bareng, mandi bareng ampe pun pernah bareng ! Pokoknya apa-apa bareng aja! ( kayaknya lebih mirib anak kembar siam deh dari pada orang pacaran.)

Sebenarnya gue enggak ngerti, kenapa bisa ngiyain aja ajakan temen sepermainan gue untuk pacaran. Waktu itu, gue juga masih lugu banget atau lebih tepatnya disebut anak yang udah bego tapi masih dibego-begoin temennya (wah sungguh tragis). Gue kirain pacaran itu sejenis permainan. Ya udah, Gue ikut aja permaianannya. Cara mainnya pun gampang and kayaknya seru. Peraturannya pun simpel-simpel aja. Kita hanya perlu pegangan tangan, jalan bareng dan main bareng. Gampang ‘kan?!

Pernah suatu hari, dia (yah sebut saja Eko) mau ngapel kerumah gue. Tapi karena takut, eko pun ngasi surat ke gue lewat perantara Iwang ( dia ini makjomblang kita). Waktu itu ‘kan jaman jadul, belum kenal alat canggih yang namanya HP. Jadilah kita masih menggunakan alat kuno itu.

Tapi celakanya, gue enggak ngerti isi surat yang di kasi Iwang itu. Yang gue liat hanya ceker-ceker ayam lengkap dengan cacingnya terpampang dalam kertas itu. “Alamak, Eko! Elo tu kalo mau ngirim surat ke gue, belajar nulis dulu napa sie!” keluh gue dalam hati. Gue berusaha baca tow surat, tapi enggak berhasil-berhasil juga. Ya tuhan! Kenapa Engkau memberi cobaan ini. Gue jungkir-balikan tow surat, malah tambah enggak bisa di baca (yaiyalah, dasar orang aneh!). Dari berbagai sudut, dari berbagai sisi, gue mencoba memahami isi surat itu (ceile bahasanya udah kayak guru matematika aja!) tapi tetep aja, ENGGAK BISA DI BACA.

Akhirnya gue buang aja.

Plung..!

Tepat masuk ke tong sampah. Lalu gue ngeloyor pergi, ngiraiin tuw surat udah enggak penting, udah bikin gue pusing!

TE-TA-PI……. (tulisannya gue gedein untuk efek dramatisir).

You know what?!!

Eh ternyata dalam surat itu si Eko mau ngajain gue ketemuan di gang samping rumah gue jam 7 malem. Dari jam 6 dia udah nongkrong disana nungguin gue. Ya ampun enggak ada kerjaan tu anak, pikir gue. Sampe jam 8 malem dia nungguin gue, tapi karena berhubung gue enggak tahu!

Ya..

Mau di tunggu ampe dunia kiamat pun, gue enggak bakalan dateng. Aduh!Maafin tangan jahanam gue yang uda ngebuang surat wasiat loe tow, darling! Gue beneran enggak tahu-tempe!

Mungkin karena bete nunggu lama, si Eko pun memulai aksinya dengan beberapa langkah di bawah ini:

Number one. Mendekati rumah gue dengan mengendap-endap dan menuju jendela kamar gue yang dihalangi tembok tinggi. (bayangin saat maling sedang beraksi dan diiringi musik James bon)

Number two. Memanggil nama gue 3 kali, tapi pelan-pelan dan berbisik dengan tujuan memancing gue untuk keluar rumah. (mana gue denger, gue ‘kan rada budek. Dia juga salah kamar pula! Itu ‘kan kamar kakek gue!!)

The last number. Manjat pager tembok rumah gue yang lumayan tinggi (buset dah, kayaknya si Eko nie anak haramnya si tarzan ama monyet dah).

But

Gugukku, memergoki aksinya. Mission GATOT! (gagal total)

Ya terang aja anjing kesayangan gue tuw langsung menyergap bokongnya yang empuk.

‘Aeeengrrr, guk!guk!’

Gue kaget and langsung nyamperin dia. Eh enggak tahunya kakek gue uda kedapetan bawa parang dan kayaknya siap-siap nebas si Eko yang dikirain mau nyolong mangga.

Ampun deh!

Si Eko pun langsung lari terpirit-birit, terkentut-kentut, terkencing-kencing saking takutnya. Waduh, ko… nasib loe tu, ya uda lah lupain.

Keesokannya dia enggak ngomong ama gue. Iya gue bisa maklumin itu. Secara, dia pasti shock banget dengan kejadian kemarin. Selama beberapa minggu kita diem-dieman terus. Waduh kayaknya dia udah ilfil nie ama gue. Jangan dung, DARL ING!

Kita diem-dieman ampe gue masuk kelas dua SMP (aji gile lama banget ya!) . Tapi karena dia adalah anak yang kurang mampu, alhasil dia enggak bisa ngelanjutin sekolah ampe SMP. Akhirnya kita enggak pernah ketemu lagi semenjak itu. Walaupun kita satu desa tapi beda dusun, tetep aja jarang ketemu. Informasi terakhir yang gue denger sie, dia jadi pekerja kasar di Denpasar. (Ya ampun..)

Sampe hari Valentine tahun 2004 pun datang. .

Beberapa bungkus beng-beng beserta temen-temennya yang terbungkus dalam satu wadah kresek item, mampir ke meja gue. “Apaan nie, wang?” tanya gue pada bekas makjomblang gue. “Nie ada titipan tow dari si Eko!” jawabnya sambil nyengir kuda. “Titipan dari Eko?” alis gue langsung naik. “Ngapain si Eko ngasi gue beng-beng”, pikir gue. “ Ya uda deh, bilang aja makasih” lanjut gue dengan tampang bego, and enggak percaya. Gue masih agak susah mencerna kejadian yang gue alamin barusan. Oh God!

Sampe rumah, gue masih aja merasa takjub dengan peristiwa ajaib tadi pagi. “ Apaan tu, sayang?” tanya nyokap gue, memecah lamunan gue. “Ow, i..i.. ini titipan dari Eko, buk!” jawab gue gugup. “Eko? Apa kabarnya dia sekarang? Tadi ibu sempet ketemu ama ibunya Eko. Katanya dia kerja di Denpasar lo!” cerocos nyokap gue. “Udah tau…” kata gue enggak peduli.

“Eh tahu enggak, ibu juga udah minta Eko untuk jadi suamii kamu kelak lo sayang. Kata ibunya sih, Eko mau *nyentane kesini!”

(*nyentane; baca aja ‘e’nya kayak ‘e’ dalam kata organisme yang *artinya pihak suami tinggal di rumah si istri dimana untuk selanjutnya menggunakan garis keturunan si istri)

What???!!!

Jantung gue berhenti untuk beberapa detik…

Kenapa nyokap gue bisa berpikir ampe sejauh itu sie. Umur gue ‘kan baru aja 14 tahun! Ngapain uda di suruh nikah. (nikah?!! No way!!) Aneh-aneh aja nih nyokap gue. Oya untuk pemberitahuan aja, nyokap gue juga adalah salah satu orang yang ikut-ikutan nyomblangin gue ama si Eko. Makanya, nyokap gue bisa punya rencana yang lumayan bikin gue shock kayak tadi. Nyokap gue itu pengen banget jadiin si Eko mantunya. Gimana gue enggak strees coba!

Balik ke masalah Eko. Udah lama gue enggak ketemu dia lagi. Apa dia masih cengengesan kayak dulu ya? Kadang-kadang gue sering ilfil kalau dia uda mulai cengengesan kayak gitu.

Eits, gue baru nyadar hari ini ‘kan valentine day. Ah pantesan dia ngasi coklat bejibun ! Tapi kok bungkusnya kayak gini ya? Kresek item? Niatnya mau ngasi kado ato belanjaan nie? Enggak ada romantis-romantisnya. Walaupun dua tahun udah berlalu, ternyata loe enggak lupa kalau hari ini adalah valentine’s day. Yah! Gue tetep bilang thanks aja… Dimanapun loe berada. Thanks coklat beng-bengnya! Hehe….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar